Senin, 18 November 2013

LiFi wireless system

seorang peneliti dari universitas Fudan di Cina menemukan teknologi yang lebih canggih dari pada WiFi,yakni “LiFi”.Peneliti itu berhasil mengirim data menggunakan LiFi dengan kecepatan mencapai 150 Mbps.

LiFi merupakan teknologi terbaru untuk mengirim data streaming menggunakan lampu LED.Walaupun masih dalam pengujian teknologi ini sudah dapat digunakan untuk mengirim data dalam kecepatan yang cukup tinggi. 
Teknologi ini menggunakan kecepatan cahaya untuk mengirim sebuah data.Perangkat pertama pemberi sinyal akan memancarkan cahaya sekaligus mengirim data,kemudian diterima oleh receiver.
Peneliti itu juga mengatakan kamera yang terdapat dalam smartphone dapat digunakan sebagai perangkat penerima,tentunya dengan sedikit modifikasi terlebih dahulu.




Cara Kerja
Fungsi dan cara kerja dari teknologi baru Li-Fi ini sangatlah sederhana. Anda harus memiliki sumber cahaya di salah satu ujung seperti LED, dan juga sumber cahaya lain seperti detektor foto (Light Sensor) di ujung lainnya. Begitu LED mulai bersinar, foto detektor atau sensor cahaya pada ujung lainnya akan mendeteksi cahaya dan diartikan sebagai biner 1. Bagaimana data akan dikirimkan melalui teknologi Li-Fi ini?

Menyalakan cahaya LED dalam jumlah tertentu akan membuat sebuah pesan tertentu yang akan dikirimkan. Kilatan cahaya tersebut kemudian akan ditangkap oleh detector cahaya yang akan menerima pesan yang disampaikannya tersebut. Sekarang, bayangkan jika ada beberapa LED dengan warna yang berbeda, berkedip bersama-sama dan membangun informasi yang sangat besar untuk dikirimkan secara sekaligus. Untuk saat ini bisa diperkirakan jika laser warna hijau dan laser warna merah digunakan secara bersamaan akan dapat mengirimkan data pada kecepatan 1 Gbps.

Keuntungan
Salah satu Keuntungan paling besar dari Teknologi Li-Fi ini adalah kemudahan akses internet dengan kecepatan tinggi di daerah-daerah terpencil yang tidak bisa dijangkau oleh kabel optik. Anda pasti sering merasa kesulitan ketika mengatur posisi wi-fi router agar terjangkau oleh semua ruangan di rumah Anda dengan baik. Nah, hal tersebut tidak akan terjadi lagi pada teknologi li-fi ini.
Bayangkan Bagaimana jika semua lampu di kamar Anda dapat berkomunikasi satu sama lain dan menciptakan sebuah jembatan jaringan nirkabel untuk menyediakan akses internet? Jika hal tersebut terjadi maka teknologi Li-Fi akan menjadi solusi optimal dan terbaik dibanding dengan teknologi Wi-Fi. Teknologi li-Fi juga dapat digunakan untuk memperluas jaringan nirkabel di rumah Anda, kantor ataupun juga universitas.


WHAT  IT IS- Jaringan komunikasi optik lokal- Dengan struktur awan data lokal dan di rumah Server / router- Termasuk " on the move " transfer data pada 100 Mbit / s- Termasuk datatransfer GigaSPEED dan penerimaan maksimal 10 Gbit / s- Termasuk fitur keamanan- Termasuk hemat energi / fitur lingkungan- Dikendalikan , misalnya, dengan ponsel pintar optik
WHAT IT DOES- Menghubungkan semua peralatan kantor dan hiburan- Mengontrol semua data dan peralatan hiburan melalui smartphone- Menampilkan semua file pada setiap layar ( TV , PC , dll )- Mendukung akses file dari titik manapun dan melalui perangkat apapun- Menyimpan semua data dalam satu server pusat / komputer- Transfer data dukungan dan resepsi di 10 Gbit / s- Mendukung " on the move " transfer data pada 100 Mbit / s- Memonitor seluruh wilayah jaringan optik- Mendeteksi gerakan di seluruh wilayah jaringan optik jika ingin- Mengontrol semua fitur keamanan melalui ponsel pintar- Kontrol pencahayaan melalui ponsel pintar- Mendukung pengendalian pemanasan- Mendukung kontrol dari setiap peralatan listrik yang terhubung- Mendukung penghematan energi / lingkungan melalui fitur ponsel pintar- Jembatan format data yang berbeda- Menghubungkan awan lokal Anda untuk baris eksternal ( serat optik , GigE , ADSL , dll )
WHAT IT IS FOR- Rumah pribadi jaringan data nirkabel dengan awan lokal & fungsi Server- Perusahaan jaringan data nirkabel dengan awan lokal & fungsi Server

SUMBER:
http://smartwebdigital.com/2013/10/teknologi-tebaru-lifi-lebih-canggih-dari-pada-wifi/
http://www.lificonsortium.org/lifi.html 
http://www.winet7.com/index.php?route=blog/post/view&id=59 

Artikel Terkait